-->

Iklan

Peringati Maulid Nabi, SD Negeri 3 Pasinggangan Gelar Lomba dan Bagi Takir

Marnoto
15 Oktober 2022, 12.38.00 WIB Last Updated 2022-10-15T05:38:36Z
Peringati Maulid Nabi, SD Negeri 3 Pasinggangan Gelar Lomba dan Bagi Takir 

BANYUMAS - Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang wajib diteladani bagi umat Islam. Untuk itulah keluarga besar SD Negeri 3 Pasinggangan Korwilcam dindik Banyumas menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Jumat 14 Oktober 2022. Kegiatan yang diikuti seluruh siswa kelas 1 sampai 6 dan dewan guru diisi dengan pengajian, lomba takir dan berbagi takir.

Kepala sekolah SD Negeri 3 Pasinggangan Budi Setiyono mengatakan bahwa sekolah perlu memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW untuk meneladani sifat-sifat baik Nabi.

"Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW diawali dengan lomba takir yang dibawa oleh para siswa, dilanjutkan hikmah maulid Nabi dan diakhiri pembagian nasi takir kepada masyarakat sekitar," katanya.

Ketua panitia Susanto mengatakan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga digelar Lomba Takir, mengingat takir salah satu tradisi yang mulai dilupakan masyarakat. 

"Untuk melestarikan tradisi tersebut, SD Negeri 3 Pasinggangan menyelenggarakan lomba takir bagi siswa-siswinya," jelasnya 

Para lomba takir ini, yang dinilai pertama adalah bahan yang dipakai yaitu daun pisang dan bentuknya takir. Pada lomba ini sebagai juara 1 diraih oleh Verllyta, juara 2 diraih oleh Arif,  dan juara 3 diraih oleh Safira.

Rahma, Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti menjelaskan sejarah lahir dan silsilah Rasulullah SAW. Menurutnya Nabi Muhammad SAW manusia sempurna yang dalam dirinya syarat dengan teladan.

"Dengan mengenal dan mengetahui tentang sejarah dan silsilah Rasulullah Muhammad SAW, diharapkan siswa dapat meneladani akhlak Rasulullah dan semangat menjalankan ibadah", jelasnya

Rahma juga menjelaskan salah satu sikap Rasulullah yang bisa diteladani adalah senang berbagi. Untuk itu ia mengaku bersyukur Kepala Sekolah, dewan guru dan para Siswa SD N 3 Pasinggangan selain melakukan dan mengikuti pengajian uraian singkat sejarah dan silsilah Nabi Muhammad SAW melanjutkan dengan kegiatan berbagi nasi yang kebetulan di hari Jumat yang penuh berkah. Usai pengajian para siswa langsung berbagi dengan membagikan nasi untuk petani, pedagang di pasar, dan masyarakat sekitar.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama bagi para siswa",   pungkasnya.(Marnoto)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Olahraga

+
close
close