-->

Iklan

Petugas Medis Hewan RPH Sokaraja Temukan Cacing Hati Pada 4 Ekor Sapi Kurban milik Warga

Marnoto
17 Juni 2024, 10.33.00 WIB Last Updated 2024-06-17T03:34:35Z

Darsono Kepala RPH Sokaraja Temukan Cacing Hati Pada 4 Ekor Sapi Kurban milik Warga



BANYUMAS - Kepala Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Sokaraja di Desa Sokaraja Kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas, Jawa tengah, memeriksa satu per satu hewan kurban terutama bagian hati sapi yang banyak ditemukan mengandung penyakit cacing hati sapi kurban.

Petugas medis hewan sekaligus Kepala RPH Sokaraja yang melakukan pemeriksaan menemukan cacing dalam empat ekor hati sapi di rumah pemotongan hewan kurban di desa sokaraja kidul kecamatan sokaraja kabupaten banyumas, Senin (170624).

Selanjutnya petugas tim medis terpaksa harus menyita hati sapi yang mengandung cacing hati dan bernanah untuk dimusnahkan dengan cara dikubur.

Pasalnya, cacing ini cukup keras bagian tubuhnya, Bahkan, mirip dengan bentuk kaca. Jika hati sapi yang sudah terinfeksi oleh cacing ini tetap dikonsumsi, maka akan membahayakan bagi kesehatan manusia.

Menurut Kepala RPH Sokaraja, Darsono mengatakan tahun 2024 ini di Rumah Pemotongan Hewan Sokaraja melaksanakan penyembelihan 5 ekor sapi dan 30 ekor kambing milk warga masyarakat yang berkurban di Hari Raya Idul Adha tahun 2024 ini.

Dari 5 ekor sapi warga masyarakat yang berkurban Idul Adha, sebanyak 4 ekor sapi ditemukan cacing pada hati sapi, sementara 1 ekor sapi kondisinya sehat tidak ditemukan cacing pada hati sapi.

"warga masyarakat yang berkurban tahun ini berkurang dibanding tahun tahun sebelumnya dikarenakan ekonomi sedang sulit dan bersamaan dengan pendaftaran tahun ajaran sekolah yang baru", ungkapnya.

Untuk hari Selasa (180624) besok RPH Sokaraja masih melakukan pemotongan hewan kurban milik warga sebanyak 1 ekor sapi dan 10 ekor kambing, pungkasnya.(Marnoto)
Komentar

Tampilkan

Terkini

close
close